Merawat Kaca MobilLiek Toyota Surabaya. Sebagai pemilik mobil, anda pasti menghendaki kondisi kaca mobil dalam keadaan baik. Anda perlu merawat kaca mobil secara bertahap agar kaca mobil dalam kondisi bersih sehingga anda dapat merasa nyaman saat mengendarai mobil.
 

Langkah Tepat Merawat Kaca Mobil | Toyota Surabaya

 
Perlakuan merawat kaca mobil seperti memoles kaca mobil agak berbeda dengan perlakuan memoles bodi mobil. Kaca mobil mempunyai lapisan anti UV (bawaan pabrik) sehingga dianjurkan untuk tidak terlalu sering dipoles, hal ini dapat menggerus lapisan kaca mobil tersebut jika terlalu sering dipoles dalam merawat kaca mobil.

Ada beberapa langkah tepat merawat kaca mobil :

  1. Bersihkan kotoran yang ada di kaca mobil

    Debu kering yang sering menempel di kaca mobil, langkah yang tepat untuk membersihkannya dengan menggunakan kemoceng halus khusus mobil terlebih dulu, selanjutnya bersihkan dengan kain atau lap kering berbahan lembut. Perlakuan ini untuk mencegah adanya baret-baret halus pada kaca.

    Sedangkan untuk kotoran yang sedikit sulit untuk dihilangkan (lumpur, getah pohon, kotoran hewan), sebaiknya langkah awal disiram dengan air bersih secukupnya, selanjutnya bersihkan dan keringkan dengan kain atau lap kering bersih berbahan lembut.

    Bercak-bercak bekas dari air hujan juga perlu diperhatikan karena air hujan mengandung asam dan jika tidak segera dibersihkan akan merusak struktur kaca mobil. Perlakuan untuk membersihkan yaitu disiram dengan air bersih secukupnya, selanjutnya bersihkan dan keringkan dengan kain atau lap kering bersih berbahan lembut.

  2. Kondisi wiper mobil harus prima

    Kondisi karet wiper perlu diperiksa secara rutin, karena wiper yang kondisinya sudah rusak akan menyebabkan timbul goresan pada kaca mobil. Ciri-ciri wiper yang rusak yaitu karet wiper sudah tidak lentur, karet retak-retak, dan saat digunakan air tidak tersapu dengan sempurna pada kaca.

    Untuk menjaga kondisi karet wiper agar tidak cepat rusak, pada saat mobil sedang diparkir dalam jangka waktu yang lama (berada di garasi rumah) maka sebaiknya angkat lengan wiper dari kaca mobil.

  3. Gunakan cairan pembersih kaca mobil khusus

    Jika anda merawat kaca mobil dengan menggunakan cairan pembersih kaca, sebaiknya gunakan cairan pembersih yang kandungan PH-nya normal. Hindari cairan pembersih yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi karena dapat merusak struktur kaca.

    Pastikan sisa cairan pembersih kaca yang digunakan pada saat merawat kaca mobil telah hilang hingga bersih, hal ini dapat mengakibatkan rusaknya struktur kaca, terkelupasnya ceramic pada kaca, kaca menjadi buram, timbulnya jamur, dll.

Demikianlah langkah tepat dalam merawat kaca mobil agar kondisi kaca mobil terhindar dari kerusakan yang lebih parah…semoga dapat membantu anda dalam merawat kaca mobil.

Tag Post :