Liek ToyotaSurabaya. Teknologi mempunyai peranan penting dalam memberikan kemudahan bagi pemakai kendaraan. Toyota mengembangkan teknologi power steering dengan menggunakan Electric Power Steering (EPS) untuk menggantikan sistem lama yaitu Hidraulic Power Steering (HPS), hal ini menambah kenyamanan dalam mengendarai mobil.

Sistem Kemudi EPS All New Avanza | Mobil dan Harga Toyota Surabaya

EPS mempunyai 2 jenis yaitu :

  1. Fully Electric, secara langsung gerakan kemudi  dibantu oleh motor elektrik, yang letaknya tidak menempel pada mesin melainkan pada steering column.
  2. Semi Electric, motor elektrik sebagai pendorong sistem hidraulik dan masih memerlukan minyak agar gerakan kemudi menjadi ringan, letaknya juga telah tidak menempel di mesin.

Kendaraan yang menggunakan EPS mempunyai banyak keuntungan karena dengan mengaplikasikan electronic computer unit dalam mengatur putaran motor sesuai dengan gerak kemudi dan tidak membebani mesin, sehingga putaran kemudi menjadi lebih responsif dan konsumsi bahan bakar menjadi irit. Keuntungan lainnya, EPS dapat lebih hemat dalam biaya perawatan (free maintenance) dan didesain tidak mudah rusak karena sudah tidak menggunakan komponen-komponen seperti pada sistem hidraulik power steering (HPS).

Bagaimana Electric Power Steering (EPS) bekerja ?

  1. Pada saat pengemudi memutar roda kemudi, sebuah sensor torsi kemudi mendapat sinyal posisi dan kecepatan rotasi dari roda kemudi.
  2. Sinyal dari sensor torsi kemudi tersebut dikirimkan  ke EPS ECU (Electronic Control Unit), bersamaan sinyal lainnya dari ECM (Electronic Control Module) seperti kecepatan kendaraan dan kecepatan mesin.
  3. EPS ECU memerintah motor listrik  untuk memberikan kemampuan daya putar tambahan pada steering rack dalam  jumlah tertentu yang diperlukan.
  4. Daya putar tambahan  tersebut disalurkan ke roda-roda sehingga roda kemudi menjadi lebih responsif.

All New Avanza, Yaris, dan Vios telah dilengkapi dengan sistem Electric Power Steering yang menambah kenyamanan berkendara dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Tag Post :